Senin, 31 Desember 2012

Rencana Rancangan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                    : MA Hidayatullah
Mata Pelajaran                   : Sejarah Kebudayaan Islam
Materi Pokok                      : Dinasti mughal
Kelas/Semester                   : XII/2
Pertemuan ke                     : Dua
Alokasi  Waktu                   : 1 X 45 menit


I.       Standar Kompetensi
1.      Memahami perkembangan islam periode pertengahan (1250-1800 M)

II.     Kompetensi Dasar   
1.      Memahami perkembangan islam pada abad pertengahan (dinasti mughal)
2.      Mengambil ibrah dari kemajuan yang dicapai oleh dinasti mughal

III.             Indikator Pembelajaran
1.      Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam pada abad pertengahan (dinasti mughal)
2.      Siswa mampu menyebutkan kemajuan yang dicapai dinasti mughal
3.      Siswa mampu menerapkan ibrah dari kemajuan yang dicapai dinasti mughal

IV.  Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa mempelajari materi tentang dinasti mughal dengan strategi The Study Group, Reading Aloud, Learning Tournament :
1.      Siswa dapat menjelaskan perkembangan islam pada abad pertengahan (dinasti mughal)
2.      Siswa dapat menyebutkan kemajuan yang dicapai dinasti mughal
3.      Siswa dapat menerapkan ibrah dari kemajuan yang dicapai dinasti mughal

V.         Karakter yang Dibiasakan
Percaya diri, kompetisi tim, dan bertanggung jawab



VI.      Materi Pembelajaran
1.   Dinasti mughal (terlampir)

VII.   Metode Pembelajaran        : ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

VIII. Strategi Pembelajaran        : The Study Group, Reading Aloud, Learning Tournament

IX.             Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Model Pembelajaran
1
Pendahuluan
a.        Guru membuka pelajaran dengan berdoa
b.       Guru menanyakan kehadiran siswa
c.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini


5 menit


Ceramah
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
a.       Guru mengulang sedikit materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya
b.      Guru menjelaskan materi pada pertemuan ini

Elaborasi :
c.       Kelas membentuk 3 kelompok
d.      Setiap kelompok mendiskusikan hand out yang diberikan guru
e.       Setiap kelompok mengirimkan jubir untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
f.       Kelompok lain mencatat hal penting yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi

Konfirmasi :
g.      Guru memberikan pertanyaan yang sesuai dengan materi
h.      Setiap kelompok menjawab secara cepat dengan menyebutkan pasword terlebih dahulu
i.        Pemberian bintang bagi kelompok yang menjawab benar
j.        Kelompok yang menjawab benar paling banyak mendapatkan hadiah dari guru














35 menit







The Study group


Reading Aloud





Learning Tournament






3
Penutup
a.       Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti
c.       Guru menyimpulkan materi-materi yang sudah dipelajari
d.      Guru memberikan penugasan kepada siswa
e.     Guru menutup pembelajaran




5 menit


Refleksi



Penugasan

IX. Sumber belajar          
1.  Buku Paket SKI untuk kelas XII MA
2.  LKS SKI untuk kelas XII MA

X.  Media Pembelajaran :
1.    Powerpoint
2.    Handout
3.    Kertas HVS
              
XI.   Evaluasi Pembelajaran
1.   Teknik Penilaian
a.                                                                             Tes Tulis
b.                                                                            Non Tes: Pengamatan dan Penugasan
2.   Bentuk Instrumen
a.       Tes Tulis :
·         Hasil diskusi kelompok
·         Ulangan harian



b.      Pengamatan    
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Perha-tian
Kedisi-plinan
Tole-ransi
Keak-tifan
Tanggung jawab
1.







2.







3.







4.







           







Keterangan :
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
Skor Maksimal 10
c.       Penugasan :
Mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah :











Mengetahui,
Kepala Sekolah


Dr. Muqowim, M.Ag.

Yogyakarta, 11 Desenber 2012

Guru Mapel SKI


Kholifatul Ubaidah R.N, S.Pd.I.


Lampiran-lampiran
1.      MATERI
DINASTI MUGHAL
1.      Sejarah berdirinya dinasti mughal
Kerajaan Mughal didirikan oleh Zahirudin Babur (1526 – 1530 M). Ia diberi gelar “The Lion King” kerena sosok pribadinya yang sangat disegani. Secara Geneologis Babur merupakan cucu Timur Lenk (dari pihak ayah) dan keturunan Jengis Khan (dari pihak ibu). Ekspansinya ke India dimulai dengan menundukkan penguasa setempat yaitu Ibrahim Lodi dengan bantuan Alam Khan (paman Lodi) dan gubernur Lahore. Tahun 1525 M ia berhasil menguasai punjab dan meneruskannya ke Delhi tahun 1526 M. Sejak saat itu babur dapat menguasai India dan mendirikan dinasti Mughal yang beribukota di Delhi. Kerajaan Mughal berkuasa kurang lebih 30 tahun. Kerajaan ini memiliki sultan-sultan yang besar dan terkenal pada abad ke-17 yaitu Akbar (1556 – 1606 M), Jengahir (1605 –1627 M), dengan permaisurinya Nur Janah, Syah jehan (1628 – 1658 M), dan Aurengzeb (1659 – 1707 M).
Penguasa Mughal setelah Babur adalah Nashirudin Humayun atau lebih dikenal dengan Humayun (1530 – 1540 dan 1555 – 1556 M), putranya sendiri. Sepanjang pemerintahannya kondisi negera tidak stabil, karena banyak terjdi perlawanan dari musuh-musuhnya. Kekuasaan Humayun dilanjutkan oleh anaknya, Akbar Khan. Gelarnya Sultan Abdul Fath Jalaludin Akbar Khan. Sewaktu naik tahta berumur 5 tahun dan memerintah India selama 50 tahun (1556 – 1605 M). Karena usianya masih muda, pemerintahan diserahkan kepada Bairam Khan. Masa pemerintahan Akbar penuh dengan ekspansi, sehingga wilayah dinasti Mughal semakin luas. Daerah-daerah yang berhasil ditaklukkan adalah Chundar, Ghand, Khashmir, Chitar, Behar, Gujarat, Orissa, Deccan, Gawilganj, Ahmad Nagar dan Ashgar. Penguasa Mughal ketiga adalah Jahangir, putra Akbar (1605 –1628 M). Jahangir adalah penganut Ahlussunnah Wal Jama’ah, sehingga Din –i-Ilahi yang dibentuk ayahnya menjadi hilang pengaruhnya. Pemerintahan Jahangir juga diwarnai dengan pemberontakan di Ambar yang tidak mampu dipadamkan. Penguasa selanjutnya adalah Shah Jehar, putra Jahangir (1627 –1658 M). Pemerintahannya diwarnai dengan timbulnya pemberontakan dan perselisihan di kalangan keluarganya sendiri.
Aurangzeb menjadi penguasa Mughal setelah berhasil memenangkan perang saudara. Masa pemerintahannya berlangsung mulai tahun 1658 – 1707 M. Dia bergelar Alamgir padshah Ghazi. Di akhir pemerintahannya dia berhasil menguasai Deccar, Bangla, dan Aud. Aurangzeb adalah penguasa Mughal pertama yang membalik kebijakan konsiliasi dengan Hindu. Diantara kebijakannya adalah melarang minuman keras, perjudian, prostitusi, penggunaan narkotika (1659 M). Tindakan Aurangzeb tersebut menyulut kemurahannya orang-orang Hindu. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan pemberontakan di masanya. Namun karena Aurangzeb sangat kuat, pemberontakan itu pun dapat dipadamkan. Meskipun pemberontakan-pemberontakan tersebut dapat dipadamkan, tetapi tidak sepenuhnya tuntas. Hal ini terbukti ketika Aurangzeb meninggal (1118 H/1707 M) banyak propinsi-propinsi yang letaknya jauh dari pusat kerajaan memisahkan diri.
2.      Kemajuan yang dicapai dinasti mughal
a.  Bidang Pemerintahan
Sistem pemerintahan Akbar adalah militeristik. Pemerintah pusat dipegang oleh raja, sedangkan pemerintah daerah dipegang oleh Sipah Salar atau kepala komandan. Sedangkan subdistik dikepalai Faudjar atau komandan.
b.  Bidang Keagamaan
Dalam bidang agama Akbar menciptakan Din –i-Ilahi yaitu menjadikan semua agama yang ada di India menjadi satu, tujuannya adalah stabilitas politik.
c.  Bidang Ekonomi
Kerajaan Mughal dapat mengembangkan program pertanian, pertambangan, dan perdagangan. Di sektor pertanian, komunikasi antara pemerintah dan petani diatur dengan baik. Hasil pertanian yang terpenting adalah biji-bijian, padi, kacang, tebu, sayur-sayuran, rempah-rempah, tembakau, kapas, nila, dan bahan-bahan celupan.
d. Bidang Seni
Karya seni yang menonjol adalah karya sastra gubahan penyair istana, baik yang berbahasa Persia maupun India. Karya-karya arsitektur yang indah dan mengagumkan antara lain: Istana Fatpur Sikri di Sikri, Cila dan Masjid-masjid yang indah pada masa Akbar, Taj Mahal di Agra, Masjid Raya Delhi dan Istana Indah di Lahore pada masa Syah Jehan.

e.  Bidang Ilmu Pengetahuan
Pada masa Shah Jehan didirikan sebuah perguruan tinggi di Delhi. Jumlah ini semakin bertambah ketika pemerintahan dipegang oleh Aurangzeb. Dibidang ilmu agama berhasil dikodifikasikan hukum Islam yang dikenal dengan sebutan Fatawa –i-Alamgir.
3.      Bangunan-bangunan peninggalan dinasti mughal


2.      Soal-soal dan kunci jawaban
Pertanyaan:
1.      Siapa pendiri dinasti mughal?
2.      Tahun berapa dinasti mughal didirikan?
3.      Apa julukan yang diberikan kepada babur?
4.      Sebutkan 2 saja sultan besar dinasti mughal !
5.      Sebutkan daerah perluasan dinasti mughal !
6.      Apa saja kemajuan yang dicapai dinasti mughal?
7.      Siapakah sultan yang paling berperan dalam kemajuan dinasti mughal?
8.      Apa contoh kemajuan dalam bidang iptek yang dicapai dinasti mughal?
9.      apa saja peninggalan-peninggalan dinasti mughal?
10.  Apa yang dikembangkan dalam sektor pertanian oleh dinasti mughal?
1.      Zahiruddin Babur
2.      1482-1530
3.      The Lion King
4.      Akbar, syekh Jehan, Jengair dan Aungrehzeb
5.    Chundar, Ghand, Khashmir, Chitar, Behar, Gujarat, Orissa, Deccan, Gawilganj, Ahmad Nagar dan Ashgar.
6.    Pemerintahan, keagamaan, seni, ekonomi dan iptek
7.    Akbar
8.    Kodifikasi hukum islam
9.    Taj mahal, istana lapore, istana fatpur dan masjid raya dehli
10.  biji-bijian, padi, kacang, tebu, sayur-sayuran, rempah-rempah, tembakau, kapas, nila, dan bahan-bahan celupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar